Kamis, 16 Februari 2012

Mie Gulung Nasi

Aku adalah seorang mahasiswa di salah satu politeknik negeri di Bandung. Sekarang aku sudah masuk tingkat 3, dan sedang melakukan PA (Proyek Akhir). Insya Allah Bulan September 2012 aku wisuda, Amin.

Namanya juga mahasiswa, duit masih dikirim dari orang tua. Duit yang dikasih orang tua pun tidak banyak. Cuma cukup buat makan selama sebulan dan kebutuhan perkuliahan. Tapi bulan kemaren banyak banget pengeluaran buat perkuliahan. Berhubung kemaren lagi bikin laporan KP (Kerja Praktek), jadi banyak banget uang yang dikeluarin buat ngeprint laporan KP, soalnya banyak banget revisi (dosen yang ngerevisinya rese). Jadi kepaksa uang buat makan pun jadi kepake buat laporan KP. (Maklum belum punya printer)

Akhir bulan pun jadi cekak, duit tinggal beberapa lembar seribuan. Tanggal 1 masih beberapa hari lagi. Minta dikirim uang sekarang pasti banyak ditanya (males banget). Untung aku tinggal di bandung ngga ngekost, aku tinggal di rumah keluarga tetehku. Rumahnya lumayan deket sama kampus. Tadinya aku mau minta uang ke tetehku, “ahh, pasti ngga bakal dikasih. Mau minta juga malu.” kataku.

Perutku udah bunyi kelaperan, kriiiik kriiiiiiiik krrriiiiiuk. Ya udah lah makan aja di rumah, mudah- mudahan ada makanan. Pas aku buka kulkas, wah ternyata ngga ada apa- apa. Biasanya ada daging ayam sama ikan, tapi ternyata udah abis. Tanggal tua memang mengerikan. Aku pun membuka lemari makanan, wah ternyata ada mie sama sosis. Tapi aku mual makan mie terus. Lalu aku pun mencoba untuk bereksperimen dengan mie ini.

Aku mengumpulkan bahan makanan yang ada : nasi putih, mie, sosis, cabe, sama telur (beli ke warung, untung masih ada duit lembaran seribu :D). Tadinya aku mau bikin mie telur dadar, ah tapi bosen. Lalu bikin apa yaa? Kelamaan mikir, makin laper aja. Diam sejenak dan melamun beberapa menit, dan munculah ide membuat Mie gulung nasi.

Bahan yang diperlukan:
  1. Mie rebus atau goreng juga boleh, yang penting mie
  2. Nasi putih
  3. Telur
  4. Sosis
  5. Cabe (biar ada sensasi pedasnya)

Cara membuatnya begini nih:
  1. Rebus terlebih dahulu mie. Yang aku gunakan adalah mie rebus. Kalo udah mateng, angkat lalu tiriskan. Bumbu mie jangan dimasukan yaa.
  2. Kocok telur, lalu masukan bumbu mie ke dalam kocokan telur ini. Untuk minyak mie nya jga boleh dimasukan boleh jga ngga dipake. Sesuai selera saja.
  3. Potong kecil- kecil sosisnya. Sosis ini dipake buat isi nasi, biar ngga monoton jadi aku pake isian sosis. Ngga pake isian jga gpp, ttep enak kok :D
  4. Mie udah siap, telur juga  udah siap, sosis udah selesai dipotong- potong. Lalu kita siapkan bahan utamanya yaitu nasi putih. Nasi putih ini kita kepal- kepal, ukurannya bisa disesuaikan dengan selera. Sebelum nasi dikepal, masukan dulu potongan sosis ke dalam nasi tersebut, lalu dikepal- kepal, hingga membentuk bola.
  5. Kemudian nasi kepal tersebut kita lilit dengan mie yang sudah ditiriskan. Hingga permukaan nasi tersebut tidak terlihat karena terlilit dengan mie (inilah bagian yang paling susah, karena lilitannya suka terbuka kembali)
  6. Setelah selesai dengan bagian melilit dengan mie, lalu masukan hasil tersebut ke dalam telur yang sudah dibumbui dengan bumbu mie. Lumuri dengan telur, hingga meresap kebagian dalam nasinya.
  7. Panaskan minyak, lalu masukan mie gulung nasi tersebut ke dalam minyak yang sudah panas. Jika hasilnya sudah kecoklatan, maka itu tandanya mie gulung nasi udah matang. Angkat lalu tiriskan.
  8. Tambahkan cabai sebagai penikmat ketika dimakan.
  9. Bisa juga ditambah kecap dan sambal, sesuai selera.

Ini dia hasilnya “Mie Gulung Nasi” yang sudah aku bikin :)
 

Untuk sebagian mahasiswa yang ngekost mungkin bosan dengan memakan mie terus jika akhir bulan tiba. Menu ini merupakan terobosan baru bagi yang menjadikan mie sebagai makanan utama. Semoga hasil yang dicoba bisa memuaskan bagi anda- anda yang tidak takut dengan sesuatu hal yang baru.
Semoga blog ini bermanfaat bagi teman-teman yang suka bereksperimen memasak. Karena setiap masakan pasti punya cerita. silahkan dicoba :)
semoga hasilnya lebih baik daripada yang aku buat, hhehe
-biruemon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar