Kamis, 16 Februari 2012

Cilok

Siapa yang tidak tahu cilok?

Mungkin untuk orang- orang bandung dan sekitarnya sudah pernah makan cilok, tapi apakah mereka tahu dari apa cilok dibuat? dari namanya saja sudah ketahuan "cilok", kata orang bandung itu adalah kepanjangan dari aci dicolok.

Ternyata sangat gampang untuk membuat cilok. Bahan- bahannya pun sangat sederhana. Bahan utamanya adalah aci atau dalam bahasa indonesianya tepung kanji. Kali ini aku mencoba bikin cilok, dengan resep yang dikasih dari saudara sepupuku.

Bahan utama untuk membuat cilok adalah :
  1. Tepung Kanji
  2. Tepung Terigu
  3. Bawang daun diiris kecil2
  4. Bumbu halus : bawang putih, merica bulat, dan garam. Semua bumbu dihancurkan pake ulekan.

Cara bikinnya:
  1. Campurkan tepung kanji dan tepung terigu, nah untuk takarannya kata sepupuku sih dikira- kira aja. ngga ada takaran pasti (soalnya dia nya juga ngga tau, hhaha :D) yang pasti tepung kanji harus lebih banyak daripada tepung terigunya.
  2. Masukan bumbu halus yang uda dihancurkan ke campuran tepung kanji dan tepung terigu tadi, kita sebut campuran ini adalah adonan.
  3. Masukan juga irisan bawang daun ke adonan itu.
  4. Aduk- aduk hingga tercampur, lalu masukan air hangat ke adonan kira- kira 200ml air (1 gelas).
  5. Aduk lagi hingga merata, sehingga bisa dicetak bulet- bulet kayak cilok.
  6. Didihkan air, tunggu hingga mendidih. Lalu masukan adonan yang udah dibentuk jadi cilok itu ke air yang udah mendidih
  7. Biarkan hingga matang, ciri- ciri kalo cilok itu udah matang yaitu mengambang di air
  8. Kalo udah matang, angkat lalu saring, dan tiriskan
  9. Nah untuk bumbu luarnya (buat coeleunnya) bisa pake bumbu pecel ato bisa juga pake saus. tergantung selera mau yang mana.

Nah ini dia cilok yang udah berhasil aku buat, meskipun hasilnya rada aneh, hhaha :D
 

Pas aku coba, waw enak juga. Tapi kok ngga kayak cilok seperti biasanya yang dijual sama mamang SD. Bentuknya aja ngga bulat kayak cilok, malah pada gepeng. Ini lebih mirip mpek- mpek. Aku coba deh ciloknya di goreng satu, trus aku makan. Eh ternyata enakan di goreng. Aku goreng semuanya deh. ternyata emang bener lebih mirip mpek- mpek. hhaha :D

Nah ini cilok yang aku goreng, hasilnya sperti ini
 
 
Semoga blog ini bermanfaat bagi teman-teman yang suka bereksperimen memasak. Karena setiap masakan pasti punya cerita. silahkan dicoba :)
semoga hasilnya lebih baik daripada yang aku buat, hhehe


-biruemon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar