Kamis, 16 Februari 2012

Colenak

Setiap kali aku pulang ke kampung halamanku kuningan pasti bapaku meminta untuk dibawakan peuyeum Bandung. Harga peuyeum bandung memang murah, 1kg nya sekitar 4rb rupiah (tahun 2011). Dan itu pun masih bisa ditawar jika kita pandai tawar menawar harga. Memang harga nya tidak seberapa, tapi yang bikin aku males beratnya ituloh membawa beberapa kilogram peuyeum dari bandung ke kuningan. Lumayan menguras tenaga. Tapi tak apalah demi bapaku yang menunggu anaknya pulang, aku penuhi semua keinginannya selagi aku masih bisa membahagiakannya. Jurang pun aku terjuni jika memang itu bisa membahagiakannya (mana ada bapa yang seperti itu, hhaha :D)

Peuyeum adalah nama makanan khas bandung. Dalam bahasa Indonesianya peuyeum adalah tape. Bahan utama peuyeum adalah singkong. Nama peuyeum sendiri berasal dari nama proses pembuatannya yaitu dipeuyeum, didiamkan selama beberapa hari agar terjadi proses fermentasi. Dari singkong itu diberi ragi untuk proses fermentasinya. Kemudian di simpan dalam suatu wadah, dan wadah tersebut ditutup dengan kain basah. Simpan dalam ruang gelap hingga beberapa hari. Jika singkong tersebut sudah matang akan tercium baunya, dan singkong tersebut jadi lembek seperti peuyeum- peuyeum yang banyak dijual dipasaran.

Karena rasanya yang sedikit asam dan sedikit manis. Peuyeum pun bisa diolah menjadi makanan yang enak dan cocok untuk lidah orang- orang sunda. Mulai dari goreng peuyeum yang dicelup pake tepung terigu (sama kayak bikin pisang goreng), peuyeum juga bisa untuk isian kolak, dan juga peuyeum bisa diolah jadi colenak. Biasanya bapaku menikmati peuyeum ini dengan cara memakannya langsung ditemani dengan secangkir kopi. Mungkin untuk sebagian bapa- bapa yang lain juga menikmatinya dengan cara seperti ini.

Tapi aku tidak terlalu suka dengan peuyeum yang dimakan langsung. Aku pun  mencoba untuk membuat colenak. Resep colenak ini aku dapatkan dari kakakku waktu dulu dia kuliah di bandung. Nama colenak merupakan kepanjangan dari “dicoel enak”, karena cara makan colenak ini adalah dengan cara dicoel ke gula cair lalu ditaburi kelapa parut.

Bahan- bahan yang diperlukan untuk membuat colenak adalah:
  1. Peuyeum(tape singkong)
  2. Gula merah
  3. Kelapa

Cara membuatnya:
  1. Peuyeum digarang, wajan yang digunakan terlebih dahulu dilumuri dengan minyak goreng agar ketika menggarang tidak menempel ke wajan. Penggarangan dilakukan hingga peuyeum berubah warna menjadi kehitam- hitaman.
  2. Panaskan air lalu masukan gula merah, tunggu hingga gula merah tersebut larut dan mengental.
  3. Parut kelapa secukupnya

Ini dia colenak yang telah aku buat :)

Cara membuatnya sangat mudah sekali, dan bahan- bahan yang digunakan pun sangat sederhana. Sudah dijelaskan diatas bagaimana cara memakannya. Makanya olahan peuyeum ini disebut dengan “Colenak”.

Semoga blog ini bermanfaat bagi teman-teman yang suka bereksperimen memasak. Karena setiap masakan pasti punya cerita. silahkan dicoba :)
semoga hasilnya lebih baik daripada yang aku buat, hhehe


-biruemon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar